Selasa, 11 November 2014

Arsitektur Komputer


Arsitektur komputer merupakan suatu sistem komputer dimana perancangan hardware pada komputer di rancang untuk saling terhubung dan menjadi suatu sistem, dalam hal ini implementasi dari perancangan dari setiap bagian akan lebih difokuskan terutama mengenai bagaimana sebuah CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM dll.

Sistem komputer dapat menggunakan teknologi yang berdasarkan Arsitektur Von Neumann atau Arsitektur Hardvad, dari kedua teknologi tersebut memiliki perbedaan dalam pengaksesan data.

Arsitektur Von Neumann adalah sistem komputer yang menggunakan bus tunggal dalam mengakses data dan memori (RAM dan ROM). Jadi arsitektur Von Neumann hanya memiliki satu jalur dalam pengaksesan sehingga ketika melakukan proses mengakses instruksi dan data dikerjakan secara sekuensial dan tidak bisa dilakukan secara simultan.

Arsitektur Harvard adalah arsitektur yang menerapkan pemisahan secara fisik antara memori program dan data,dengan kata lain sistem komputer arsitektur harvarad menfasilitasi jalur-jalur tersendiri agar dalam mengakses data dapat dilakukan secara cepat tanpa saling menunggu jalur yang kosong.


Arsitektur Sistem Komputer

Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.

Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer

Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.

Multilayerd Machine

Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.

1.CPU (Central processing Unit), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output.
   - Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program
   - Control unit (unit pengendalian), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem
   - Aritmatika and logical Unit, tempat berlangsungnya operasi perhitungan matematika dan logika
2.Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage
3.Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan
4.Unit Output, mencatat hasil pengolahan




Source : 
http://muhamadsyani.wordpress.com/2012/12/28/arsitektur-komputer/
        
Syahrul,2014,Pemrograman Mikrokontroler AVR Bahasa Assembly dan C,Informatika,Bandung

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar