Selasa, 11 November 2014

Struktur Dasar Komputer

Struktur dasar komputer merupakan kerangka awal rancangan yang digunakan sebagai acuan dasar untuk menjadikan suatu sistem komputer yang utuh,dari atribut-atribut yang ada di dalam suatu sistem komputer memiliki 5 unit dasar yang harus ada agar terbentuknya suatu sistem komputer. Berikut adalah unit-unit dasar yang ada di dalam sistem komputer:

1.Unit masukan (Input Unit)
2.Unit kontrol (Control Unit)
3.Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU)
4.Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit)
5.Unit keluaran (Output Unit) 

Control Unit dan ALU membentuk suatu unit tersendiri yang disebut Central Processing Unit (CPU). Hubungan antar masing-masing unit yang membentuk suatu sistem komputer dapat dilihat pada gambar berikut:


Struktur Dasar Sistem Komputer



Strukrur Dasar Sistem Komputer

Data diterima melalui Input Device dan dikirim ke Memory. Di dalam Memory data disimpan dan selanjutnya diproses di ALU. Hasil proses disimpan kembali ke Memory sebelum dikeluarkan melalui Output Device. Kendali dan koordinasi terhadap sistem ini dilakukan oleh Control Unit. Secara ringkas prinsip kerja komputer adalah Input – Proses – Output, yang dikenal dengan singkatan IPO.Berikut penjelasan dari setiap unit pada sistem komputer:

1.Unit Input
   Bertugas untuk membaca inputan dari luar (Device) kemudian diteruskan ke memoriatau penyimpanan.

2.Unit Control
   Berfungsi sebagai pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. Ia berfungsi seperti pengatur rumah tangga komputer, memutuskan urutan operasi untuk seluruh sistem, membangkitkan dan mengendalikan sinyal-sinyal kontrol untuk menyesuaikan operasi-operasi dan arus data dari bus alamat (address bus) dan bus data (data bus), serta mengendalikan dan menafsirkan sinyal-sinyal kontrol pada bus kontrol (control bus) dari sistem komputer. Pengertian mengenai bus dapat dilihat di bagian bawah halaman ini.

3.Unit ALU (Arithmetical & Logical Unit)
   Unit ini berfungsi untuk melakukan perhitungan atau aritmatika & logika seperti menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan. Selain itu juga melaksanakan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, membandingkan data, dll.

4.Unit Memori
   Unit memori bertugas untuk menampung data/program yang diterima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran, didalam sistem komputer memiliki 2 jenis memori, yaitu ROM dan RAM.

5.Unit Output
   Bertugas sebagai output hasil dari inputan yang diproses oleh CPU dan di tampilkan dalam penampil keluaran, sebagai contoh seperti Monitor dan printer.


Source :
http://radmarssy.wordpress.com/2007/02/07/struktur-dasar-komputer/

3 komentar:

  1. sangat bermanfaat gan.. lumayan buat mengingat kembali pelajaran dulu...

    Bagi yang berminat untuk belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

    BalasHapus