Jumat, 10 Oktober 2014

Etika Menulis di Dunia Maya

Menulis adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang, akan tetapi dengan munculnya blog dan media sosial di era globalisasi seakan-akan orang yang berkecimpung di dunia maya (internet) di paksa untuk menulis sesuatu yang bertujuan untuk menginformasikan tentang suatu hal ke orang lain. Atas dasar tersebut sebuah tulisan atau artikel yang ada di internet harus memiliki batasan-batasan (etika) dalam menulis agar tidak merugikan pihak lain dari hasil tulisan yang akan di posting di internet. 

Berikut etika yang harus di taati:
  • Gunakanlah bahasa yang baik dan benar, jangan sampai menggunakan kata-kata kasar atau hinaan yang dapat menyebabkan orang lain sakit hati atau kurang nyaman membaca tulisan kita.
  • Tidak menulis sesuatu yang berbau SARA sehingga menimbulkan perdebatan dikalangan orang banyak.
  • Tidak mengupload gambar atau video yang kurang pantas atau gambar dan video yang menghina satu orang atau golongan , hindari menulis hal-hal yang negatif.
  • Apabila menulis artikel usahakan mencari atau menjadi sumber yang dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan kebenaran artikel tersebut, bukan menjadi sumber artikel hoax.
  • Buatlah tulisan yang merupakan hasil karya kita sendiri, bukan hasil dari menjiplak karya orang lain atau yang biasa disebut dengan “plagiarisme”
  • Buatlahlah tulisan dengan bahasa yang mudah dimengerti, tidak berputar-putar, to the point pada topik yang akan dibahas.
  • Mencantumkan sumber apabila kita mengutip atau mendapatkan referensi dari web atau blog lain.
Dengan aturan-aturan tersebut diharapkan tulisan atau artikel akan menambah nilai dari suatu tulisan karena memiliki isi yang bermanfaat bagi orang yang haus akan informasi dan mampu memotifasi setelah membaca artikel tersebut.



Source : http://ubay16.wordpress.com/2013/10/03/etika-menulis-di-internet/   
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar