Minggu, 30 Juni 2013

Munarman Jubir (FPI) dan Nilai,Norma,Moral Yang Mulai Pudar

Melihat kejadian seorang jubir FPI 'Munarman' yang menyiramkan air ke muka sorang SOSIOLOG UI 'Thamrin Amal Tamagola' dalam acara "Apa Kabar Indonesia Pagi" yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta secara langsung, jumat (28/6/2013) sentak membuat kaget masyarakat Indonesia yang menyaksikan tayangan tersebut, dari kejadian yang dipertunjukkan munarman tersebut menunjukkan kalo di bangsa ini masih minim orang-orang yang memiliki Nilai,Norma dan Moral yang baik.

Berbicara soal Nilai,Norma dan Moral sering kita dapati di dalam Pancasila yang kita pelajari di lembaga pendidikan, untuk mereview apa pengertian Nilai,Norma dan Moral maka penulis akan jelaskan pengertianya.

<> Pengertian Nilai
Nilai (Value) adalah kemampuan yang dipercayai yang ada pada suatu benda untuk memuaskan manusia.Sifat dari suatu banda yang menyebabkan menarik minat seseorang atau kelompok.Jadi nilai itu pada hakekatnya adalah sifat dan kualitas yang melekat pada suatu obyeknya.Dengan demikian maka nilai itu adalah suatu kenyataan yang tersembunyi di balik kenyataan-kenyataan lainya.

Suatu kegiatan menilai berarti juga menimbang karena didalam menilai suatu perkara seseorang juga harus diambil yang namanya keputusan, keputusan inilah suatu nilai bisa disimpulkan benar atau tidak benar maupun berguna atau tidak berguna ,baik atau tidak baik, dan seterusnya,dan nilai adalah sesuatu yang berharga,berguna,memperkaya batin dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya.

<> Pengertian Norma
Moral berasal dari kata mos (Mores) yang sinonim dengan kesusilaan,tabiat atau kelakuan .Moral adalah ajaran tentang hal yang baik dan buruk,yang menyangkut tingkah laku dan perbuatan manusia.

Seorang pribadi yang taat kepada aturan-aturan, kaidah-kaidah dan norma yang berlaku dalam masyarakatnya ,dianggap sesuai dan bertindak benar secara moral. Jika sebaliknya yang terjadi maka pribadi itu dianggap tidak bermoral.

Moral dalam perwujudannya dapat berupa peraturan dan atau prinsip-prinsip yang benar, baik terpuji dan mulia .Moral dapat berupa kesetiaan kepatuhan terhadap nilai dan norma yang mengikat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara

<> Pengertian Norma
Kesadaran Manusia yang membutuhkan hubungan yang ideal akan menumbuhkan kepatuhan  terhadap suatu peraturan atau norma.Hubungan ideal yang seimbang, serasi dan selaras itu tercermin secara vertikal (Tuhan),Horizontal (masyarakat) dan alamiah (alam sekitarnya)

Norma adalah perwujudan martabat manusia sebagai mahluk budaya,sosial,moral dan religi .Norma merupakan suatu kesadaran dan sikap luhur yang dikehendaki oleh tata nilai untuk dipatuhi.Oleh karena itu,norma dalam perwujudannya dapat berupa norma agama,norma filsafat,norma kesusilaan,norma hukum dan norma sosial.Norma memiliki kekuatan untuk dipatuhi karena adanya sanksi.

 Penjelasan tentang nilai,moral dan norma yang penulis jabarkan,adalah hasil dari kutipan dari buku "Pendidikan Pancasila Penerbit Universitas Gunadarma"  ,sekarang kita sudah tau apa itu nilai,moral dan norma meski tidak keseluruhan.

Inilah kenapa kita mempelajari dan memahami nilai,norma dan moral,agar jika terjun di dunia masyarakat kita dapat terapkan didalam kehidupan sehari-hari,supaya terciptanya lingkungan yang harmonis.

Aksi yang dilakukan oleh sdr munarman selaku jubir FPI sepatutnya tidak dicontoh,karena tindakan yang tidak terpuji tersebut,akan menurunkan nilai,norma dan moral di mata masyarakat.Mungkin aksi yang dilakukan munarman adalah akibat dari emosi yang tinggi ,sehingga secara reflek menyiramkan air ke muka sosiolog ui, akan tetapi seyogyanya perilaku tersebut seharusnya tidak perlu terjadi mengingat munarman adalah orang terpelajar. 

Dari kejadian tersebut kita dapat mengambil pelajaran, yaitu agar tetap selalu menghormati orang lain meskipun di situasi dan kondisi yang tidak kondusif. Karena jika emosi terpancing untuk melakukan tidakan yang tidak terpuji meskipun tidak di sengaja, maka diri kita akan jelek dimata orang lain,   tidak lain dan tidak bukan karena Nilai,Norma dan Moral kita sudah jatuh di mata mereka.  



Sekian dari penulis, jika ada kesalahan kata-kata mohon dimaafkan.. semoga bermanfaat :)

www.gunadarma.ac.id



      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar