Rabu, 24 Juni 2015

Sekuriti Sistem Komputer

Sekuriti Sistem Komputer

Berbicara mengenai Sekuriti Sistem Komputer yang di pikiran kita tidak jauh dari melakukan proteksi sistem komputer agar tidak terkena pembobolan sistem dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk memproteksi dibagi menjadi dua bagian yaitu :



Sekuriti fisik, yaitu : fasilitas komputer harus diletakkan pada tempat yang dapat dikontrol dan diawasi, hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan sistem dari orang-orang ( user ) yang tidak bertanggung jawab

Sekuriti akses, yaitu : seluruh akses terhadap sistem komputer secara administrasi harus terkontrol dan terdokumentasi, sehingga apabila ada suatu permasalahan dapat diketahui penyebabnya danmencari solusi pemecahannya.
melainkan juga berkaitan dengan hal :
 
Sekuriti file/data, yaitu : untuk file/data yang sensitif dan bersifat rahasia, diperlukan tingkatan akses dan bahkan dapat dibuatkan suatu kode sandi tertentu, sehingga apabila file/data tersebut dicuri, isi informasinya tidak dengan mudah didapatkan.
Sekuriti jaringan, yaitu : dengan pemanfaatan jaringan "public", data yang ditransmisikan dalam jaringan harus aman dari kemungkinan dapat diketahui isi informasinya, sehingga untuk informasi yang sensitif harus dibuatkan kode sandi tertentu untuk pengamanannya pada saat transmisi.
Didalam mempelajari permasalahan sekuriti, beberapa aspek yang perlu diketahui adalah aspek
yang berhubungan dengan persyaratan sekuriti dan aspek yang berhubungan dengan ancaman
terhadap sekuriti.
Aspek yang berhubungan dengan persyaratan sekuriti adalah :

Secrecy, yaitu yang berhubungan dengan akses membaca data dan informasi.Data dan informasi didalam suatu sistem komputer hanya dapat diakses dan dibaca oleh orang yang berhak.
Integrity, yaitu yang berhubungan dengan akses merubah data dan informasi. Data dan informasi yang berada didalam suatu sistem komputer hanya dapat dirubah oleh orang yang berhak.
Availability, yaitu yang berhubungan dengan ketersediaan data dan informasi. Data dan informasi yang berada dalam suatu sistem komputer tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh orang yang berhak.
Sedangkan yang berhubungan dengan aspek ancaman terhadap sekuriti adalah :

Interruption, yang merupakan ancaman terhadap availability, yaitu : data dan informasi yang berada dalam sistem komputer dirusak atau dibuang, sehingga menjadi tidak ada dan tidak berguna, contohnya harddisk yang dirusak, memotong line komunikasi dll.
Interception, yang merupakan ancaman terhadap secrecy, yaitu : orang yang tidak berhak berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komputer, contohnya dengan menyadap data yang melalui jaringan public (wiretapping) atau mengkopi secara tidak sah file atau program.
Modification, yang merupakan ancaman terhadap integrity, yaitu : orang yang tidak berhak tidak hanya berhasil mendapatkan akses informasi dari dalam sistem komputer, melainkan juga dapat melakukan perubahan terhadap informasi, contohnya adalah merubah program dll.
Fabrication, yang merupakan ancaman terhadap integrity, yaitu : orang yang tidak berhak meniru atau memalsukan suatu obyek kedalam sistem, contohnya adalah dengan menambahkan suatu record kedalam file.

Enkripsi

Pengertian enkripsi adalah proses encoding(pengkodean/penyandian) sebuah pesan, dan proses tersebut bisa mengambil berbagai macam bentuk. Microsoft memiliki definisi yang bagus mengenai enkripsi ini:

Enkripsi adalah nama yang diberikan untuk proses penerapan algoritma pada sebuah pesan, yang mana proses tersebut akan mengacak data di dalamnya sehingga sangat sulit dan memakan waktu apabila data hasil enkripsi tersebut disimpulkan tanpa mengetahui kode/sandi khusus. Plus, algoritma tersebut biasanya melibatkan data rahasia tambahan yang disebut kunci, yang mencegah pesan untuk disimpulkan bahkan jika algoritma tersebut sudah umum dan dikenal oleh publik.


Contoh skema enkripsi umum
Untuk lebih memberikan gambaran tentang pengertian enkripsi, berikut contoh skema enkripsi paling sederhana yang sudah lama diketahui umum, enkripsi alphanumeric. enkripsi ini adalah merubah abjad menjadi angka, contoh kata Happy Birthday diubah menjadi 81161625 29182084125.

Tentu saja contoh skema enkripsi tersebut bukanlah yang digunakan oleh sebuah mesin atau software enkripsi. karena contoh tersebut sangat mudah dipecahkan dan sudah diketahui oleh umum. Itu hanyalah contoh sederhana saja, untuk memberikan Anda gambaran konsep dasar dari enkripsi. Sementara algoritma dari enkripsi yang sebenarnya lebih complicated.



Source :


http://nurhadioi.blogspot.com/2009/10/pengenalan-sekuriti-sistem-komputer.html


http://ry-portfolio.weebly.com/pengertian-dan-konsep-dasar-enkripsi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar